Cara Mengobati Sakit Perut Secara Alami dan Cepat

10/03/2014 23:24

Ternyata banyak sekali cara mengobati sakit perut dengan menggunakan berbagai bahan alami seperti kunyit, daun jambu biji, jahe, dan masih banyak lagi. Saya yakin pasti setiap orang pernah mengalami sakit perut, dari anak-anak sampai orang dewasa. Dan itu juga yang dialami oleh salah satu teman saya, setelah diperiksakan ke dokter ternyata dia mengalami diare. Sebenarnya sakit perut dapat dibedakan menjadi berbagai jenis. Beberapa diantaranya yakni seperti diare, perut kembung, sakit perut karena datang bulan, dan masih banyak lagi. Cara mengobati sakit perut secara alami pun tentunya berbeda dan tergantung jenis sakit perutnya. Mungkin cara ini belum banyak diketahui orang karena kebanyakan orang sekarang lebih memilih mengkonsumsi obat yang sudah banyak dijual di apotek. Meskipun obat tersebut sangat efektif namun menurut saya kurang sehat untuk kesehatan tubuh. Karena tentu saja obat tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat memberikan efek samping. Nah untuk itu tidak ada salahnya mencoba cara mengobati sakit perut secara alami yang akan saya share kali ini. Langsung saja berikut ini beberapa cara yang dapat anda coba.

1. Diare

Daun jambu biji
Caranya yakni rebus 15-30 gram daun jambu biji kering dengan air sebanyak 150-300ml. Tunggu sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, tapi biarkan tetap direbus selama 15 menit. Nah setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum airnya.

2. Sakit Maag

Dengan kunyit
Caranya yakni parut terlebih dulu 2 batang kunyit lalu tambahkan dengan air matang secukupnya. Setelah itu peras parutan kunyit tersebut dan konsumsi air perasan 2 kali sehari pada pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

3. Perut Kembung

Minyak gosok hangat atau air hangat
Anda dapat mengompres perut dengan air hangat. Selain itu, anda juga dapat menggunakan minyak gosok hangat yang sekarang sudah banyak dijual di toko.

4. Sembelit

Konsumsi air putih 8 gelas sehari
Salah satu penyebab sembelit yakni karena tubuh mengalami dehidrasi dan kurang mengkonsumsi air, alhasil pencernaan akan terganggu. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perharinya, jika anda bosan dengan air putih biasa, anda juga dapat mengkonsumsi jus buah yang mengandung banyak serat.

5. Cacingan

Wortel
Caranya yakni campurkan air perasan wortel dengan santan kental, masing-masing dengan takaran 1 cangkir saja. Setelah itu anda dapat menambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Konsumsi ramuan ini untuk membunuh cacing dalam tubuh kita.

6. Sakit perut saat datang bulan

Jahe
Caranya yakni sediakan jahe 5 cm kemudian iris jadi tipis-tipis dan remukkan. Setelah itu rebus jahe tersebut kedalam 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih dan sisakan tinggal 1 gelas saja. Konsumsi air rebusan tersebut 3 kali sehari (1 gelas untuk 3 kali).

Nah itulah beberapa cara mengobati sakit perut secara alami yang dapat anda coba. Namun apabila sakit perut belum juga kunjung sembuh sebaiknya segera hubungi dokter, karena sakit perut bisa menjadi salah satu gejala adanya penyakit yang lebih serius. Demikian informasi kali ini semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.